Antisipasi Perubahan Global, TNI Akan Bentuk Kodam dan Armada Baru

Loading...

garda cakrawala - Pasca digelarnya rapim TNI 2017, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi perubahan global dan dampaknya dari perubahan tersebut, pihaknya akan melakukan penyebaran pasukan dan pembangunan pangkalan militer secara merata di berbagai wilayah di Indonesia.
“Penyebaran pasukan TNI dan pangkalan militer agar tidak terpusat di Pulau Jawa dan difokuskan di wilayah pinggir Indonesia, sehingga bisa menciptakan sentra-sentra perekonomian baru dan di wilayah tersebut lebih maju,” ungkap Gatot melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (20/1/2017).
Dalam penyebaran pasukan TNI ini sambung Gatot akan dibentuk kodam baru dan armada baru. Saat ini TNI hanya berorientasi pada Armada Timur saja, sehingga perlu dibentuk armada baru yang direncanakan berada di Papua.
Gatot mengingatkan bahwa Indonesia bukan negara teokrasi ataupun negara sekuler, sehingga tidak boleh mempermasalahkan mengenai suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
“Indonesia negara yang masyarakatnya agamais, jadi dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara pasti akan hidup bersama-sama. Kita tidak boleh menyudutkan orang per orang maupun kelompok agama lain,” pungkas Gatot.
sumber:aktual



loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...