Investasi Cina Penyebab Banyaknya TKA dan PSK

Loading...



garda cakrawala Asia Tenggara, terutama di Indonesia saat ini menjadi medan pertarungan antara Amerika Serikat dan Cina. Dari pertarungan tersebut, yang keluar sebagai pemenang adalah Cina.

Demikian disampaikan Direktur Network for South East Asian (NSEA), Muchtar Efendi Harahap dalam sebuah diskusi di kawasan Kramat Pulo, Jakarta Pusat (Kamis, 5/1).

Menurutnya, Cina dan Amerika sama-sama ber-investasi ekonomi dengan memberi hutang serta yang lainnya pada Indonesia. Namun Amerika ber-investasi tapi tidak bawa warganya. Sedangkan Cina, dari top manajemen sampai kuli mereka bawa ke Indonesia.

"Kita gak bisa salahkan mereka, karena perjanjiannya seperti itu. Jadi konsekuensi investasi Cina adalah, masuknya orang Cina," kata dia.

Menurut dia, Cina memiliki ketentuan jika memberikan pinjaman atau investasi, maka warganya juga harus ikut masuk.

"Mereka punya ketentuan, kalau kamu mau pinjam uang kami, maka orang kami harus ikut," terangnya.

Dampak lainnya, kata dia, dengan adanya proyek reklamasi atau pembuatan pulau palsu yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal para tenaga ahli. 

"Mereka yang tenaga ahli tidak mau tinggal di tempat biasa," terangnya .  

"Paling seru lagi impor pelacur. Ini hanya implikasi, karena banyak TKA Cina, maka dia akan mencari PSK orang Cina," pungkasnya. [ipk]
rmol







loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...