Perayaan Tahun Baru Tinggalkan Sampah 225 Ton di Jakarta



garda cakrawala - Perayaan tahun baru 2017 meninggalkan banyak sampah di sejumlah lokasi di Jakarta pada Minggu dini hari, 1 Januari 2017. Dinas Kebersihan DKI Jakarta mencatat sedikitnya 225 ton sampah yang harus dibersihkan petugas.
Sampah-sampah itu tersebar di sejumlah lokasi pusat perayaan tahun baru, di antaranya, Bundaran HI, Jalan Medan Merdeka, kawasan Patung Tani, kawasan Kemayoran, Stadion Gelora Bung Karno, kawasan Monas, kawasan Kota Tua, Jalan Imam Bonjol, CNI Kembangan, dan Taman Mini Indonesia Indah.
Dinas Kebersihan mengerahkan 70 truk sampah, truk compactor, 40 roadsweeper, sebelas bus toilet, 200 gerobak motor dan 30 pikap lintas untuk membersihkan sampah-sampah itu.
Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Aji, melaporkan bahwa pembersihan sampah-sampah di kawasan Kota Tua belum sepenuhnya selesai hingga pukul 03.50 WIB.
“Kendala pembersihan sampah disebabkan banyaknya gerobak PKL (pedagang kaki lima) serta parkir-parkir sepeda motor dan mobil yang menutup badan-badan jalan sehingga menyulitkan pembersihan sampah yang ada,” kata Isnawa melalui keterangan tertulis pada Minggu pagi.
Sebanyak 80 persen sampah itu adalah sampah anorganik berupa plastik kemasan, styrofoam, kertas serta sisa-sisa terompet. Sisa-sisa sampah anorganik itu, selain dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Bantar Gebang di Bekasi, juga disalurkan ke bank-bank sampah kebersihan di tiap kecamatan di Jakarta.
Dinas Kebersihan menargetkan proses pembersihan selesai pada pukul tujuh pagi. “Petugas saya minta juga membersihkan sampah-sampah yang ada di pot dan taman-taman,” kata Isnawa.viva




Subscribe to receive free email updates: