Rp 12 Miliar Terkumpul untuk Bangun Kembali Masjid di Texas Yang Terbakar Secara Misterius

Loading...

garda cakrawala -- Lebih dari 900 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 12 miliar dikumpulkan lewat internet untuk membangun kembali masjid di Texas Selatan. Masjid itu hangus terbakar pada akhir pekan lalu.
"Jumlah dana itu melampaui yang dibutuhkan," kata laman sumbangan, GoFundMe, Senin (31/1).
Laman GoFundMe untuk Pusat Islam Victoria menerima sumbangan dari 19 ribu warga dalam dua hari setelah masjid yang terletak di 200 kilometer barat daya Houston terbakar pada Sabtu. "Penyebab kebakaran itu masih dianggap misterius," kata juru bicara Kota Victoria, OC Garza.
Kepala pengurus masjid mengucapkan terima kasih atas seluruh dukungan yang diberikan. "Dukungan lewat kata-kata, kasih sayang, pelukan, uluran tangan, dan bantuan dana merupakan wujud semangat rakyat Amerika yang sesungguhnya," katanya.
Kebakaran terjadi beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani surat perintah berisi larangan masuk untuk warga tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim, Jumat lalu. Meski demikian, otoritas terkait belum menemukan hubungan antara keputusan Trump dengan insiden kebakaran. Kebakaran dilaporkan terjadi sekitar pukul 14.00 waktu setempat.
"Saat pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian, api telah mencapai atap masjid. Jadi, fokusnya mencegah bencana agar tidak menyebar ke bangunan lain," kata Garza.
Masjid terbakar cukup parah hingga hanya menyisakan dinding luarnya. Pemadam kebarakan bersama petugas dari FBI, Biro Alkohol, Tembakau, Peledak dan Senjata AS tengah menyelidiki insiden itu.
Garza mengatakan, penyelidikan akan menghabiskan waktu beberapa minggu sebelum penyebab kebarakan ditemukan. Muslim di AS terlihat mengkhawatirkan sikap anti-Islam yang banyak ditunjukkan di negara itu.
Seorang pria keturunan Kanada-Prancis diduga sempat memasuki masjid di Kota Quebec, Ahad dan mulai menembaki jamaah di dalamnya. Aksi itu menewaskan enam orang dan melukai 17 lainnya.
Garza mengatakan, pihak pemerintah telah menemui pengurus masjid, khususnya terkait pembongkaran sisa bangunan dan rencana pembangunan rumah ibadah itu di lokasi yang sama. Ia mengatakan, dukungan pembangunan masjid banyak diberikan berbagai pihak.
Setidaknya, 500 orang datang ke lokasi untuk ibadah pada Ahad. "Mereka adalah warga teladan bagi masyarakat kami," kata Garza.
Sumber : republika
loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...