Alhamdulillah! Qatar Akan Bangun Rumah Sakit di Aceh





garda cakrawalaPemerintah Qatar akan mendirikan rumah sakit di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang luluh lantak akibat gempa pada 7 Desember 2016 lalu
Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi dengan Menteri  Urusan Islam dan  Waqaf Qatar, H.E. Dr. Ghaith Bin Mubarak Ali Omran Al-Kuwari, Rabu (22/2) waktu setempat.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan bersahabat, Dubes Basri yang didampingi Pelaksana Fungsi Pensosbud, Anwar Lukman Hakim  dan Penterjemah KBRI Doha, Hakim Elfaqih, menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim moderat terbesar di dunia, dan saat ini semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi penghafal Al Quran. 

Menteri Al Kuwari menanggapi bahwa persaudaraan dengan Indonesia telah terjalin lama dan Qatar siap bekerja sama dalam isu-isu bilateral termasuk yang terkait ummat Islam. 

Dubes Basri juga mengapresiasi bantuan Qatar yang memberi kemudahan bagi 40 ribuan komunitas Indonesia dalam memperoleh pendidikan keagamaan, termasuk mendatangkan secara berkala ustaz kondang dari Indonesia. 

Selain itu sejak 2004, Qatar mempekerjakan Mutawwa (Imam dan Muadzin) asal Indonesia yang kini berjumlah lebih dari 60 orang. Dubes Basri mengundang Menteri Ghaith Al-Kuwari untuk berkunjung ke Indonesia.

"Selama ini KBRI Doha telah memfasilitasi kiprah lembaga donor Qatar di Indonesia antara lain Qatar Charity, EID Charity, RAF Charity, Sheikh Hamad bin Khalid Al Thani Foundation dan Awqaf Qatar. Sayangnya, ujar mantan Irjen TNI ini, kegiatan sosial ini jarang memperoleh liputan media di Indonesia. "Diplomasi sosial budaya ini jarang terekspos," ungkap mantan anggota DPR ini.

Dalam kunjungannya ke Qatar baru-baru ini, Wakil Bupati Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi NAD, Said Mulyadi Ali, menyampaikan bahwa tim survey Qatar Charity telah mengunjungi tiga lokasi di Pidie Jaya untuk mencari lokasi pendirian rumah sakit sebagai kontribusi sosial masyarakat Qatar. 

Menurut Pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan, Qatar Charity (QC) banyak memberikan bantuan bagi daerah bencana. Pada 2016, QC mengucurkan 741 proyek di Indonesia antara lain pembangunan 24 masjid, 7 pusat pelayanan masyarakat, 3 sekolah, 10 rumah dan 646 sumur gali dan 51 proyek penghasil income. Sejak beroperasi di Indonesia pada 2004, QC telah melaksanakan 5.802 proyek bantuan di berbagai propinsi. 

Ditambahkannya, lembaga amal lainnya, seperti  Eid Charity juga aktif memberi bantuan. Pada awal Februari 2017 lalu, Eid Charity meresmikan dua panti asuhan untuk anak-anak yatim piatu, masing-masing senilai Rp 8,2 Milyar Rp. 8,8 Milyar. Panti asuhan tersebut dinamai Sheikha Mariam binti Jassim bin Ali al Thani dan Sheikh Abdullah bin Khalid bin Hamad al Thani terletak di Bogor. 

Panti ini diresmikan oleh Duta Besar Qatar untuk Indonesia, Ahmed bin Jasim al Hamar, Direktur Eksekutif Proyek Luar Negeri, Eid Charity, Sheikh Abdullah bin Mohammed al Naama. Untuk mempermudah menyalurkan bantuan, General Manager Eid Charity, Ali A. Al Suwaidi mengatakan pada 13 Februari 2017 lalu bahwa  Eid Charity akan membuka kantor cabang di Indonesia. 

sumber : rmol






Subscribe to receive free email updates: