Bawaslu Banten Tangkap Pelaku Pembagian Mi Instan Berstiker Paslon

Loading...



garda cakrawala - Tim Saber Politik Uang Bawaslu Banten menangkap dua orang pelaku pembagian mi instan berstiker pasangan cagub-cawagub di Ciruas. Dua pelaku itu ditangkap di Bogor, Jawa Barat dan Wonosobo, Jawa Tengah.

"Rizal sama Dayat. Dua orang ini kasus Ciruas. Sekarang lagi di-BAP polisi. Hari ini baru dibawa pulang dari Wonosobo. Saya dapat laporan dari Kasatreskrim, tinggal dibawa. Rizal (ditangkap) kemarin di Bogor," kata Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tantowi kepada detikcom, Rabu (22/2/2017).

Menurut Pramono, sebetulnya Bawaslu Banten bersama Polda, Kejati, Panwas Kabupaten Serang, dan Polres Serang sepakat kasus ini naik ke tahap penyidikan pada Sabtu (18/2). Namun, karena Panwas Kabupaten Serang baru menyerahkan berkas ke kepolisan pada Minggu (19/2), Tim Saber Politik Uang buatan Bawaslu baru dapat melakukan pengejaran.

"Bahan disepakati untuk melakukan penahanan kepada pelaku karena ancaman hukuman di atas 5 tahun, 72 bulan maksimal. Penyidik dan jaksa sudah sepakat melakukan penahanan," ujar Pramono.

Namun, menurut Pramono, kedua pelaku pembagian itu kemudian kabur dari Ciruas, Kabupaten Serang. Sampai akhirnya Tim Saber Politik Uang menangkap keduanya di daerah Bogor dan Wonosobo.

"Penyidik punya waktu 14 hari kerja untuk menyelesaikan penyidikan sebelum nanti dilimpahkan ke kejaksaan," tutur Pramono.

Sebelumnya, Tim Saber Politik Uang bersama penyidik dari kepolisian dan kejaksaan menggerebek penampung paket mi instan berstiker pasangan calon Gubernur Banten di Ciruas, Serang.

Dari operasi itu, Bawaslu menemukan 8 paket besar plastik hitam bungkusan berisi 25 paket sembako. Total ada 200 paket sembako.

"Pukul 09.30 WIB, ada informasi masuk bahwa Kompleks Ciruas Permai ada pembagian paket sembako. Kita langsung koordinasikan Tim Saber yang turun di Kabupaten Serang sama Panwas Kota Serang langsung turun ke lapangan," kata Pramono saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (15/2). 




loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...