Berpolemik dengan Kiai Ma'ruf, Elektabilitas Ahok-Djarot Terancam Anjlok



garda cakrawala - Cecaran Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan kuasa hukumnya terhadap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dalam persidangan, dinilai bisa mempengaruhi elektabilitasnya sebagai peserta Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.
Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menyayangkan ucapan Ahok dalam persidangan kedelapan perkara dugaan penistaan agama itu. Padahal pasca dua kali debat yang diadakan KPUD DKI Jakarta, elektabilitas pasangan Ahok-Djarot mulai naik kembali setelah sempat turun.
"Jadi yang sedang naik ya waktu itu Ahok (Ahok-Djarot) dan Anies (Anies Baswedan-Sandiaga Uno), tapi dengan adanya kasus ini kemungkinan besar turun lagi elektabilitas Pak Ahok," ujar Hendri saat dihubungi Okezone, Minggu (5/2/2017).
Menurut Hendri, akibat kejadian ini masyarakat Jakarta, terutama umat Islam yang berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), akan berpikir ulang bila ingin memilih Ahok. Pasalnya, selain sebagai Ketua Umum MUI, KH Ma'ruf Amin juga merupakan Rais A'am di Nahdlatul Ulama.
Selain itu, Hendri menjelaskan masyarakat akan kembali mengingat kesalahan-kesalahan yang dilakukan Ahok seperti saat ia dianggap menistakan agama hingga dirinya duduk di meja hijau sebagai terdakwa.
"Orang-orang jadi ingat dan pikir-pikir lagi padahal waktu hanya sekitar dua minggu lagi jelang Pilgub DKI," jelas Hendri.
Hendri menyatakan, pasangan Ahok-Djarot harus bekerja keras menaruh kepercayaan kepada masyarakat sehingga dapat menaikkan kembali elektabilitasnya.
"Kalau tidak bisa ya berarti dia akan meneruskan sejarah Jakarta bahwa incumbent (petahana) tidak pernah memimpin dua periode sejak pemilihan langsung dilakukan di Jakarta," tukasnya.
sumber:okezone





var obj0=document.getElementById("ads18940096375550107493"); var obj1=document.getElementById("ads28940096375550107493"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: