Gebrakan Mantan Istri Prabowo Ganggu Psikologis Golkar



garda cakrawala -Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai gebrakan Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, yang memberikan dukungan terbuka untuk pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan berdampak besar kepada Golkar.
Setidaknya, kata direktur Voxpol Center ini, apa yang dilakukan Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Golkar tersebut, mengganggu psikologis kader partai berlambang beringin.
"Secara tidak langsung punya pengaruh terhadap psikologis kader. Terutama akar rumput," kata Pangi saat berbincang dengan JPNN.com, Senin (27/2).
Dukungan dari putri mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto, yang juga mantan istri Prabowo Subianto itu, kata Pangi, juga mengganggu konsentrasi partai pimpinan Setya Novanto dalam menyukseskan pemenangan paslon Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot S Hidayat.
"Dukungan Titiek ke Anies-Sandi jelas sangat menganggu konsentrasi Golkar memenangkan Ahok-Djarot," ujar pria asal Sumatera Barat itu.
Dia mengatakan, setiap rangkaian pilkada memang sangat jarang tidak terjadi perpecahan dukungan, perbedaan dukungan. Apakah itu di level elite maupun grasroot beda punya sikap berbeda dengan keputusan partai.
"Tak jarang kita mendengar, terjadi perbedaan preferensi politik antara elite penentu parpol dengan suara akar rumput. Sehingga ada yang lompat pagar dukungan, buka baju parpol dan seterusnya," pungkas Pangi. (fat/jpnn)




Subscribe to receive free email updates: