Jokowi: Insya Allah Maret 2019 Beres!

garda cakrawala - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meninjau perkembangan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Kamis (23/2). Kali ini yang disambanginya adalah terowongan bawah tanah di kawasan Setiabudi. 
Mantan Gubernur DKI Ja­karta itu didampingi Men­teri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono dan Men­teri BUMN Rini Soemarno. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Presi­den Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar juga tak ketinggalan. 
Jokowi masuk ke lokasi proyek melalui tangga daru­rat. Dari permukaan jalan ke terowongan bawah tanah itu berjarak sekitar 300 meter. Sekitar 20 menit Jokowi dan rombongan memantau penger­jaan proyek. 
Jokowi mengungkapkan, seluruh terowongan yang dibangun untuk MRT telah terhubung satu sama lainnya. 
"Pada 2018 sudah bersih. Insya Allah, pada bulan Maret 2019, MRT sudah bisa operasi. Kita berharap jadwal itu betul-betul terus kita ikuti agar se­lesai tepat pada waktunya," imbuh Jokowi. 
Pembangunan MRT ini merupakan tahap Idengan rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia. Rute ini memiliki panjang 15, 7 kilo meter (km) dan akan melintasi 13 stasiun dengan rincian 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah. 
Jokowi mengatakan, se­jauh ini tidak ada masalah dengan pembiayaan proyek. Menurutnya, MRT merupa­kan proyek keroyokan yang pembiayaannya bersumber dari dana Anggaran Pendapa­tan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), badan usaha (KPBU), dan swasta. 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku puas dengan kemajuan pengerjaan proyek MRT. 
"Ini merupakan hari terakhir upaya melakukan peker­jaan pengeboran dari dua sisi dan empat bor. Sejauh ini tidak saya temukan kekurangan karena memang kita ini melakukannya dengan hati-hati," ujarnya.


var obj0=document.getElementById("ads11239141015429257961"); var obj1=document.getElementById("ads21239141015429257961"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: