Ketua MPR Yakin Aksi 112 tak Bermuatan Politik



garda cakrawala  - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapreasi zikir nasional di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (11/2).
Rencana awal, aksi 112 akan dilakukan dengan jalan kaki dari Monumen Nasional (Monas) ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).
Namun, setelah Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), bertemu dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukkam) Wiranto, Kamis (9/2) disepakati menjadi aksi zikir nasional di Istiqlal.
Zulkifli yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan aksi itu untuk menegakkan nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an.
Menurut dia, jika ada perbedaan pendapat harus diselesaikan dengan cara dialog.
"Saya senang hari ini membaca Pak Wiranto ketemu dengan (GNPF) MUI sehingga disepakati aksi damai. Toh kalau ada dialog kan sepakat, akhirnya acara dipindah ke Istiqlal," kata Zulkifli di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/2).
Dia yakin, masing-masing pihak akan menjaga diri sehingga semua persoalan selesai dengan baik, aman, dan tertib.
Zulkifli berprasangka baik jika aksi besok tidak akan bermuatan politis. "Kan sudah ada pertemuan, sudah ada dialog. Kami berprasangka baik saja," 
Pria yang karib disapa Bang Zul itu mengatakan jika ada kader PAN yang mau ikut, tidak masalah. Sebab, itu merupakan hak pribadi.
Namun, PAN sebagai partai politik tidak akan ikut. "Tentu sebagai pribadi silakan. Tentu kalau parpol, tidak. Kalau sebagai pribadi itu hak masing-masing," katanya. jpnn






Subscribe to receive free email updates: