Muslimah Wajib Tahu, Ini 7 Syarat Hijab Syari

Loading...


garda cakrawala – Di Indonesia perkembangan dari pemakaian busana muslim sangat pesat, ditandai dengan semakin banyaknya para wanita muslimah yang memakainya.
Kita juga dapat dengan mudah untuk membeli busana muslim ini baik melalui media offline seperti di mal, toko, pasar pakaian dan butik, atau berbelanja lewat media online. Walaupun demikian masih banyak juga orang yang beranggapan bahwa, busana muslim hanya dipakai untuk keperluan acara-acara keagamaan seperti salat, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, acara hajatan dan sebagainya.
Anggapan ini tentu saja tidak benar, dan ini merupakan kewajiban bagi kita untuk menjelaskan secara bijak tentang fungsi pakaian muslimah yang benar kepada mereka.

Syarat Hijab Syar’i

Apabila setiap wanita menyadari bahwa jilbab mereupakan perintah agama, bukan hanya sekedar mode semata, -Insya Alloh kami yakin dia akan tegar menjalankan kewajiban ini, apapun resikonya. Selanjutnya, perlu kita ketahui bersama, bahwa berdasarkan penelitian para ulama tentang masalah jilbab, mereka menerangkan bahwa jika seorang wanita keluar rumah atau bila bertemu dengan orang-orang yang bukan mahromnya, maka ia wajib memakai jilbab yang memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

Pertama – Menutupi Seuruh Tubuh Kecuali Bagian yang Boleh Kelihatan

Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya :
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. [QS. Al-AHzab 59]
Pakaian wanita harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ingat, selain kedua anggota tubuh ini wajib ditutupi termasuk juga telapak kaki.

Kedua – Dikenakan Bukan Tujuan Untuk Berhias di Depan Umum

Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya :
Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nuur [24] : 31)

Ketiga – Bahan Tebal, Tidak Transparan dan Tidak Melihatkan lekuk Tubuh

Pakaian tersebut tidak tipis dan tidak tembus pandang yang dapat menampakkan bentuk lekuk tubuh. Pakaian muslimah juga harus longgar dan tidak ketat sehingga tidak menggambarkan bentuk lekuk tubuh.
Dalam sebuah hadits shohih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu : Suatu kaum yang memiliki cambuk, seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini.” [HR.Muslim]

Keempat – Tidak Diberi Wewangian atau Parfum

Perempuan mana saja yang memakai wewangian, lalu melewati kaum pria agar mereka mendapatkan baunya, maka ia adalah wanita pezina.” [HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad]

Kelima – Tidak Menyerupai Pakaian Laki-laki

Rasulullah melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.” [HR. Bukhari no. 6834]

Keenam – Tidak Meniru Ciri Pakian Wanita Kafir

”Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka” [HR. Ahmad dan Abu Dawud]

Ketujuh – Bukan Pakaian yang Mengundang Perhatian Masyarakat

Barangsiapa mengenakan pakaian syuhroh di dunia, niscaya Allah akan mengenakan pakaian kehinaan padanya pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api neraka.” [HR. Abu Daud dan Ibnu Majah]
Pakaian syuhroh di sini bisa bentuknya adalah pakaian yang paling mewah atau pakaian yang paling kere atau kumuh sehingga terlihat sebagai orang yang zuhud. Kadang pula maksud pakaian syuhroh adalah pakaian yang berbeda dengan pakaian yang biasa dipakai di negeri tersebut dan tidak digunakan di zaman itu. Semua pakaian syuhroh seperti ini terlarang.
Semoga bermanfaat dan dapat memberi hidayah kepada saudariku yang belum berjilbab dan meneguhkan saudariku yang sudahh berhijab.




loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...