Patut Di Contoh,Sebelum Lulus, Siswa Sekolah Ini Wajib Hafal Alquran



garda cakrawalaPagi itu beberapa siswa terlihat duduk sambil belajar di sebuah tempat yang dinamai Gazebo. Tempat ini memang dipergunakan siswa untuk membahas pelajaran bersama di luar jam pelajaran.
Sementara siswa lainnya terlihat memegang Al-Quran berukuran kecil. Pelajar itu ternyata tengah menyetor hafalan Alquran pada salah seorang guru di Gazebo tersebut. Sedangkan siswa lainnya tengah mengantre menunggu giliran untuk menyetor hafalan Alquran.
Diva Nabilla Dasri, siswa kelas XI mengaku, menghafal Alquran sudah menjadi sebuah dorongan hati dan kewajiban bagi dirinya. ”Saat di pesantren dulu (setingkat SMP, red), saya hanya hafal 3,5 juz. Hafalan bertambah 3,5 juz lagi saat di SMAN 1 ini,” sebut siswi yang berkeinginan kuliah di Unand tersebut.
Sejak terdaftar jadi siswi SMAN 1 Sijunjung, Diva semakin semangat menghafal. Karena memang berkeinginan menjadi mahasiswi di Univeristas Andalas (Unand) melalui jalur penelusuran minat dan kemampuan (PMDK). ”Selain untuk diri dan mengejar cita-cita kuliah di perguruan tinggi negeri, saya hanya berusaha membuat ibu dan keluarga bangga,” tutur bungsu dari 4 bersaudara itu.
Lain halnya dengan Afi Zahra. Siswi kelas XII itu, memiliki pengalaman religi yang menginspirasi. Afi bercerita, dirinya bertekat mampu menghafal Al-Quran sebanyak mungkin, setelah mendapat panggilan hati.
Pengalaman itu diperolehnya, saat salat berjamaah dengan ayahnya di rumahnya di Tanjungampalu, Kecamatan Koto VII. ”Sesaat setelah salat berjamaah, tiba-tiba hati saya ingin sekali menjadi anak yang dibanggakan keluarga. Saya ingin sekali membawa keluarga selalu ingat, bersyukur dan beribadah kepada penciptanya,”terangnya.
Afi bercerita, jika dirinya tamat di SMAN 1 Sijunjung, ia ingin melanjutkan pendidikan di sekolah Tahfiz Quran.”Keluarga sudah jajaki sekolah tahfiz. Memang keingian saya untuk menjadi Hafiz Quran,” ujar Afi.
Memang, bagi setiap siswa muslim di SMAN 1 Sijunjung, diwajibkan memiliki hafalan, setidaknya 3 juz Al-Quran sampai mereka tamat di sekolah itu. Tujuannya, selain untuk membentuk karakter siswa, hafalan juga dianggap ampuh membentuk akhlak siswa.
”Sebelum masuk ruang belajar, setiap siswa yang muslim diwajibkan menghafal Quran selama 45 menit,” ungkap Wakil Kurikulum SMAN 1 Sijunjung Hasmi Gustin Rosa kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group).
Disebutkan Hasmi, selama 10 menit, siswa wajib menghafal Asmaulhusna. Kemudian, 5 menit ke depan, peserta didik dianjurkan membaca satu ayat. Siswa yang lain mencoba mengkoreksi bacaan, jika ada yang salah terkait tajwid. Siswa boleh langsung mengkoreksi kepada guru dan siswa yang membaca. “Kemudian selama 30 menit lagi siswa baru menghafal Al-Quran. Aktivitas tersebut dimulai pukul 07.15 hingga 08.00,” jelas Hasmi.
Kepala SMAN 1 Sijunjung, Jhontridel menambahkan, pada waktu yang telah ditentukan, setiap siswa wajib menyetor hafalan mereka kepada guru atau koordinator di setiap lokal. Program wajib menghafal Al-Quran ini, dimulai pada Juli 2016, atau di awal tahun ajaran baru 2016/2017.
”Sasaran utama kami adalah membekali siswa dan siswi dengan budi pekerti, dan akhlak yang mulia. Agar, disaat mereka melanjutkan kehidupan di luar sana mampu menjadi tauladan bagi orang lain. Selain itu, hafalan juga sebagai tameng bagi generasi dari pergaulan bebas, atau pergaulan tidak yang tidak baik,” tuturnya.
Jhontridel juga sempat memberi semangat kepada seluruh siswa dan siswinya mampu menghafal 30 juz Al-Quran, agar bisa langsung diterima menjadi mahasiswa di Universitas Islam Indonesia (UII).
”Selain diterima kuliah tanpa biaya, UII juga akan memberdayakan mahasiswa yang hafal 30 juz Al-Quran sebagai pembimbing. Bahkan digaji pula. Untuk itu, kita selalu memberi semangat siswa agar menghafal 30 juz Al-Quran,”  tukasnya.



var obj0=document.getElementById("ads14501859097717497451"); var obj1=document.getElementById("ads24501859097717497451"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: