Peserta Aksi 112 Pilih Menginap di Masjid Istiqlal


garda cakrawala -- Jelang aksi dzikir bersama 11 Februari 2017, peserta aksi mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal.
Mereka yang mayoritas datang dari sekitaran wilayah Jakarta, memilih datang malam ini untuk kemudian menginap di Istiqlal.
Pantauan Warta Kota, menjelang malam, halaman masjid terbesar di Asia Tenggara ini, sudah dipenuhi oleh ratusan orang-orang yang mayoritas berbaju putih, mereka berkumpul di halaman, untuk sekedar bercengkrama dengan peserta lain.
Jelang aksi dzikir bersama 11 Februari 2017, sejumlah peserta aksi mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jumat (10/2) malam.
Jelang aksi dzikir bersama 11 Februari 2017, sejumlah peserta aksi mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jumat (10/2) malam. (Acep Nazmudin)
Pun demikian di dalam area masjid, mereka memenuhi ruangan utama lantai dua Masjid Istiqlal, ada yang melakukan shalat, ada pula yang telah mengambil posisi untuk tidur di atas karpet.
Antara laki-laki dan perempuan dipisahkan oleh sebuah sekat panjang di tengah-tengah area masjid.
Husein (36) peserta aksi asal Tangerang, megatakan sengaja datang malam ini agar besok tidak tertinggal acara inti, yakni Dzikir bersama.
"Saya dengar kan mulainya pagi, daripada ketinggalan mending menginap disini," kata dia.
Pria yang datang bersama dua temannya ini, mengatakan tidak ada yang mengajak dirinya datang kesini, ini adalah murni panggilan dari hatinya.
"Wajar sebagai seorang muslim kalau ikut terpanggil, kalaupun nanti ada unsur politis kami ambil saja pahala ibadahnya," ujar dia.
Berbeda dengan aksi yang digagas oleh GNFI sebelumnya, malam ini, peserta aksi tidak terlalu banyak. Hal ini juga diamini oleh Ikram (42) peserta asal Bogor.
"Saya dari aksi 411 dan 212 sudah ikut tapi jamaah sekarang lebih sedikit, dua kali sebelumnya jam segini sudah sulit cari tempat tidur, harus ke lantai tiga atau empat," kata dia.
Hingga sekitar pukul 21.20 WIB peserta aksi terus berdatangan melalui pintu utama dan satu-satunya yang dibuka tepat depan Gereja Katedral.
Di halaman masjid Istiqlal, juga telah dibangun tenda sebagai posko logistik dan kesehatan dari para donatur.
sumber:tribun



Subscribe to receive free email updates: