Polres Jaksel Beri Pengamanan Ekstra di TPS



garda cakrawala -Polres Metro Jakarta Selatan menggelar apel pasukan untuk pengamanan wilayah jelang pemungutan suara di 2.973 TPS di 65 kelurahan se-Jakarta Selatan.
Sebanyak 1.179 personel disiapkan mengamankan jalannya pesta demokrasi untuk memilih pemimpin DKI Jakarta lima tahun ke depan.
Selain personel Polres Metro Jakarta Selatan, pengamanan ekstra juga dilakukan dengan dibantu aparat lain seperti Bromob Polri, TNI, dan Linmas.
Pengamanan ekstra diterapkan di sejumlah lokasi rawan, seperti empat TPS tempat dua Cagub dan dua Cawagub dijadwalkan mencoblos pada esok hari.
Untuk diketahui, Cagub Agus Harimurti Yudhoyono dijadwalkan mencoblos di TPS 06 Kelurahan Rawa Barat, Kebayoran Baru; Cagub Anies Rasyid Baswedan di TPS 028 Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak; Cawagub Djarot Syaiful Hidayat di TPS 08 Kelurahan Kuningan Timur, Setiabudi; Cagub Sandiaga Uno di TPS 01 Kelurahan Selong, Kebayoran Baru.
"Kita lakukan penguatan pengamanan di TPS yang menjadi prioritas itu, dari sisi kerawanan, lalu kita lakukan patroli pula di kawasan rawan tersebut," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Iwan Kurniawan, di halaman Mapolres, Kebayoran Baru, Selasa (14/2/2017).
Iwan menjelaskan, untuk pengamanan pada hari pemungutan suara, tiap TPS akan dijaga polisi dan dua Linmas. Sementara itu, disiagakan pula 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) TNI dan 3 SSK Brimob Polri apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.
"Semua pasukan kita tempatkan di tempat-tempat prioritas dan kawasan rawan. Mereka gelar kegiatan preventif juga, seperti patroli dan cipta kondisi. Saya harap selain tugas pengamanan ini di TPS, bisa dilakukan juga oleh BKO-BKO ini," kata Iwan.
Secara umum, jelas Iwan, terdapat 112 dari 2.973 TPS yang masuk kategori rawan. Alasannya antara lain kemungkinan adanya konflik, gesekan, jarak kantor polisi ke TPS yang cukup jauh, hingga karena rawan banjir.
"Itu semua (TPS rawan) sudah menjadi bagian yang sudah kita petakan, termasuk TPS yang menjadi bagian dari massa salah satu paslon," terang Iwan.
Siaga satu
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, menambahkan, selama pelaksanaan pemungutan suara, Ibukota dalam status darurat.
"Untuk Pilgub DKI ini status Jakarta siaga satu," ujar Argo yang turut hadir dalam apel pasukan tersebut.
"Anggota sudah kita siapkan semuanya dalam pengamanan Pilgub DKI 2017 ini. Anggota sudah kita siapkan untuk bergeser di TPS-TPS yang ada di Jakarta, mereka akan berkoordinasi dengan panitia dalam pengamanan ini. TNI pun mendukung dan membantu tugas kopolisian ini," bilang Argo.




var obj0=document.getElementById("ads18319426352727474085"); var obj1=document.getElementById("ads28319426352727474085"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: