Cagub Petahana Wajib Cuti untuk Pencapaian Keadilan dan Kejujuran


garda cakrawala -- Sejumlah kalangan menilai, kewajiban untuk cutiwajib mengundurkan diri dari PNS untuk politisi dan PNS yang maju dalam perhelatan pemilukada harus ditaati.
Hal itu untuk menjunjung asas keadilan dan kejujuran dalam pelaksanaan Pemilukada DKI Jakarta.
Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Syakir Purnomo berharap, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat menaati aturan untuk cuti pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.
PKS mengusung paslon nomor tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.
"Kami ingin fair play (adil). Oleh karena itu, petahana pada masa itu sebaiknya cuti," kata Syakir di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (26/2/2017).
Wakil Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi ini mengatakan, bila Ahok-Djarot cuti, maka bisa mulai bersamaan masuk ke putaran kedua.
Dia mengakui memang belum ada regulasi khusus terkait cuti kampanye petahana pada putaran kedua. Sebab, kegiatan itu hanya berupa penajaman visi dan misi.
Namun, Syakir tak mempermasalahkan bila KPU DKI Jakarta memutuskan Ahok-Djarot tidak usah cuti pada pilkada putaran kedua.
"Apa pun keputusan terakhir KPU DKI Jakarta, akan kami terima," kata Syakir.
KPU DKI Jakarta mulanya tidak akan mengadakan masa kampanye untuk putaran kedua Pilkada DKI. Namun, hal tersebut berubah dan KPU DKI memutuskan adanya masa kampanye pada putaran kedua.
Keputusan itu diambil setelah KPU DKI berkonsultasi dengan KPU RI pada Senin (20/2/2017).
KPU DKI menilai, kampanye tetap dibutuhkan pada putaran kedua nanti.
Mereka berkaca pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012.
Meski bukan masa kampanye putaran kedua, kedua pasangan calon saat itu memanfaatkan waktu untuk melakukan kegiatan seperti kampanye.



var obj0=document.getElementById("ads13936160387296836550"); var obj1=document.getElementById("ads23936160387296836550"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: