Ahok: Reklamasi Tetap Jalan, Kalau Tidak Rakyat Kelaparan, Netizen : Rakyat Yang Mana ?



garda cakrawala - REKLAMASI dibutuhkan untuk memperluas wilayah. Bila terealisasi, reklamasi di pantai utara Jakarta dapat menambah daratan berkisar 5.173 hektar juga meningkatkan perekonomian di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan proyek reklamasi di 17 pulau akan terus berjalan.

Menurutnya seluruh negara di dunia akan melakukan reklamasi. Poin pentingnya tidak merusak lingkungan, serta tidak membebani rakyat dan negara.

"Reklamasi akan jalan. Seluruh dunia akan lakukan reklamasi. Yang penting tidak merusak lingkungan dan harus adil. Tidak membebani rakyat dan negara. Rakyat dapat apa (dari reklamasi) ini penting," ujar Ahok.

Untuk meminimalisir dampak lingkungan dari reklamasi pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tengah mengulas kembali Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) reklamasi pantai Utara Jakarta.

"Kita sudah ketemu, kita terima kasih pada Menteri LHK (Siti Nurbaya)," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Sesuai undang-undang nomor 32 tahun 2009 yang mengamanatkan kementerian lingkungan hidup melakukan pengawasan dan supervisi pada hal-hal terkait lingkungan hidup.

Seperti memastikan pengawasan pelaksanaan Amdal dan reklamasinya, juga pengambilan sampel di lapangan.

"Dia membantu mengumpulkan data supaya jangan sampai terjadi dampak lingkungan yang merugikan," ucap Ahok.

Selain memperluas wilayah, kata Ahok, reklamasi juga berpengaruh besar dalam meningkatkan perekonomian warga.

Bahkan dalam satu kajian yang ditemukannya, jika reklamasi tidak dilalukan 40 tahun ke depan akan membuat kepadatan penduduk.

"Malahan ada analisa, kalau dunia 40 tahun ke depan tidak mau melakukan reklamasi akan kelaparan. Karena penduduk bertambah banyak lahan tidak cukup. Maka beruntunglah Indonesia yang punya pulau. Kita ini bukan lempeng samudera tapi lempeng benua makanya cetek. Berarti kita reklamasi ini bagus," kata Ahok.

Sumber : tribunnews



Subscribe to receive free email updates: