ceramah Belum 5 Menit, Acara Maulid Nabi Langsung Bubar



garda cakrawala - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Asrama Mahasiswa Aceh Foba, Jakarta Selatan, Minggu (5/3/2017) langsung bubar ketika Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tiba di arena perayaan maulid.

Kegiatan maulid diselenggarakan oleh mahasiswa penghuni asrama Foba, dirangkai dengan pelantikan pengurus baru Foba periode 2017-2018.

Penceramah maulid, Tgk HM Rusli Hasbi, MA, langsung menutup ceramahnya, padahal belum lima menit berada di mimbar. Tgk Rusli menutup ceramahnya dengan menyatakan “umat Islam harus bersatu, dan jangan mau dipecah-pecah,” kata Tgk Rusli.

Beberapa tokoh Aceh yang duduk di deretan kursi paling depan, Tarmizi A Karim, Mustafa Abubakar, Ketua PP TIM Surya Darma, anggota DPR asal Aceh Nasir Djamil dan lain-lain, juga langsung meninggalkan tempat acara.

Gubernur DKI Basuki T Purnama yang akrab disapa Ahok tiba di tempat itu pada saat ceramah maulid baru saja dimulai. Kehadiran Ahok sebelumnya sempat diumumkan oleh pembawa acara. Kabar itu sontak membuat “gaduh” dan kaget, termasuk Surya Darma, Ketua PP TIM.

“Kok gak ada koordinasi kalau Ahokdiundang. Wah, mana panitia…” kata Surya Darma.

Puluhan awak media juga tampak hadir, baik dari media online, cetak, dan televisi.

Saat tiba di lokasi asrama Foba, Ahok langsung diarahkan ke ruang rapat PP TIM yang semula disiapkan sebagai tempat makan.

Tak lama berselang, Ahok sempat keluar ruangan dan menuju tempat acara yang jaraknya lebih kurang 20 meter.

Tapi karena acara maulid sudah selesai, Ahok lalu diarahkan kembali ke ruang rapat PP TIM untuk bersantap siang dengan menu gulai Aceh.

Ketua Mahasiswa Foba, Ikhsan Effendi, mengatakan, panitia maulid asrama Foba memang tiap tahun mengundang walikota, gubernur, camat sampai ketua rukun warga (RW) lingkungan Kecamatan Setia Budi, untuk menghadiri perayaan keagamaan tersebut.

“Tapi tak pernah ada gubernur yang hadir. Baru kali ini gubernur DKI hadir dan kami juga kaget. Karena memang selama ini tidak pernah hadir,” ujar Ikhsan.

Pengurus Baru

Perayaan maulid tersebut diawali dengan pelantikan pengurus asrama Foba yang baru periode 2017-2018.

Kepengurusan baru diketuai Ikhsan Effendi, mahasiswa pasca sarjana di Universitas Budi Luhur, dan Sekretaris Zulfikar juga mahasiswa pasca di Budi Luhur Jakarta. Pelantikan dilakukan Ketua Yayasan Foba Mayjen Purn. Sulaiman AB.

Asrama Foba termasuk salah satu asrama mahasiswa Aceh tertua di Jakarta. Asrama tersebut telah melahirkan banyak generasi dan menjadi pemimpin di tingkat nasional dan daerah.

Di antara alumni Foba adalah Prof Syamsuddin Mahmud, mantan Gubernur Aceh, Sofyan Djalil, Menteri Tata Ruang dan Agraria, dan banyak lagi.

Sulaiman AB mengharapkan ke depan asrama Foba harus direnovasi sehingga layak ditempati oleh mahasiswa.

“Ini lihatlah, keadaannya sangat kumuh,” katanya.

Asrma Foba saat ini dihuni 54 mahasiswa yang kuliah di S1 dan S2.

Sumber : tribunnews




Subscribe to receive free email updates: