Fadli Zon:"Ironisnya, Jumlah Tenaga Kerja Asing Kita Didominasi Oleh Tenaga Kerja Asal China, Hingga 23 Persen.





gard cakrawalaIsu "serbuan" tenaga kerja asing (TKA) ilegal China menjadi salah satu persoalan yang disoroti Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Ia menilai, isu tersebut perlu perhatian khusus karena berdampak pada banyak sektor.

"Isu soal buruh asing ilegal asal China perlu mendapat perhatian khusus karena isu itu terkait dengan tiga soal sekaligus, yaitu soal ekonomi, politik, dan keamanan," ujar Fadli melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2016).
Dari segi ekonomi, kata Fadli, China hanya menempati urutan ke-9 negara dengan investasi terbesar di Indonesia. Begitu pula sebagai kreditor, China hanya menempati urutan ke-5.

China, kata dia, kalah oleh Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Belanda.

"Ironisnya, jumlah tenaga kerja asing kita didominasi oleh tenaga kerja asal China, hingga 23 persen. Dari sisi politik ekonomi, ini agak bermasalah," tutur Politisi Partai Gerindra itu.

Selain itu, ia menilai isu TKA ilegal dari China ini sensitif bagi masyarakat dari segi politik, mengingat pernah adanya masalah terkait etnis tertentu, baik pada masa kolonial maupun setelah kemerdekaan.

"Pemerintah tak boleh menggampangkan isu ini menjadi semata-mata soal angka atau ekonomi," kata Fadli.

Terakhir, dari segi keamanan. Fadli menyinggung soal area militer Halim Perdanakusuma yang pernah diterobos oleh WN China dalam mengerjakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung April lalu.

Ia juga menyinggung kasus tanaman cabai mengandung bakteri berbahaya yang ditanam oleh WN China di Indonesia.

"Soal keamanan ini bukan hanya bersifat militer, tapi juga non-militer. Dalam diskursus keamanan kontemporer, ancaman non-militer ini ada berbagai jenis, mulai dari lingkungan, pangan, energi, hingga ekonomi," ucap Fadli. (kompas)



var obj0=document.getElementById("ads11806145785466213511"); var obj1=document.getElementById("ads21806145785466213511"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: