Jokowi Tunjk Luhut Pimpin Sidang World Bank-IMF, Indef:wibawa Indonesia Bisa Rntuh Di Mata Dunia.



garda cakrawala – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menunjuk Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memimpin pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) Annual Meeting 2018 menurut Institute Development of Economic and Finance (Indef) bisa meruntuhkan wibawa Indonesia di mata dunia.

Alasannya Indef menilai sosok Luhut kurang kompeten untuk memimpin pertemuan di bidang perekonomian berskala dunia. Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengungkapkan, meskipun dalam pertemuan nanti pemerintah pasti akan melibatkan kementerian teknis, namun pimpinan sidang yang ditunjuk pemerintah sangatlah tidak tepat.

“Ya kalau saya bilang pasti ada pengaruhnya. Walaupun ke depan levelnya teknis. Menteri yang bersangkutan pasti akan dihubungi,” katanya saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Dia menambahkan Menko bidang (Menko) Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati diyakini lebih tepat memimpin pertemuan tersebut. Jika tidak, maka wibawa Indonesia akan runtuh di hadapan delegasi dunia karena mereka akan menganggap Indonesia tidak bisa memilih orang yang kompeten untuk memimpin pertemuan yang akan berlangsung pada 2018 mendatang.
“Ya kalau tidak akhirnya bisa dilihat kewibawaan Indonesia dihadapan delegasi Bank Dunia dan IMF itu menjadi kurang. Karena ini membuktikan bahwa ini tidak dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar kompeten,” paparnya. | SINDO


var obj0=document.getElementById("ads18335530645816767890"); var obj1=document.getElementById("ads28335530645816767890"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: