Menhan temui Syafii Maarif bahas bela negara



gardacakrawala.com  - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menemui mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Muhammad Syafii Maarif di kediamannya Perum Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membahas bela negara dan organisasi masyarakat radikal, Minggu.

"Pertemuan ini membahas masalah bela negara saja, kita berbicara bagaimana pelaksanaan bela negara, soal ormas radikal justru kita sadarkan dengan bela negara," kata Ryamizard Ryacudu seusai pertemuan.

Menurut dia, bela negara harus dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tergabung dalam organisasi masyarakat (ormas) yang radikal harus disadarkan.

"Ormas-ormas yang selama ini dinilai radikal akan disadarkan oleh pemerintah melalui aksi bela negara dan ideologi Pancasila," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Pertahanan telah bekerja sama dengan kementerian lainnya untuk meningkatkan pemahaman bela negara.

"Pemahaman bela negara ini akan dilakukan sejak usia dini," katanya.

Sedangkan Sayifii Maarif mengatakan bangsa harus kuat dan ormas yang dinilai radikal harus disadarkan oleh pemerintah. Apabila mereka tidak sadar, maka pemerintah bisa melakukan langkah hukum.

"Bangsa dan negara harus yang utama, kalau ada yang radikal itu harus disadarkan kalau tidak bisa disadarkan, dihadapi secara hukum saja," katanya.
antara





Subscribe to receive free email updates: