Sungguh Ironis! Di Saat Petani Tuntut Keadilan, Pemda Malah Tutup Mata



garda cakrawalaAksi ratusan petani asal Telukjambe, Karawang, Jawa Barat mulai menyedot perhatian sejumlah tokoh.

Mereka pun menemui petani yang sejak Kamis malam hingga Senin pagi nanti bertahan di masjid PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat.

Sebagian dari 217 petani tersebut malah berjalan kaki menuju Jakarta untuk menuntut keadilan. Setidaknya ada empat tuntutan para petani.

Yaitu, cabut HGB PT Pertiwi Lestari No 5, 11, dan 40, berikan hak atas tanah kepada petani, hentikan kriminalisasi terhadap petani, dan kembalikan petani ke lokasi dalam keadan semula.

Salah satu tokoh tersebut adalah politikus senior yang juga anggota DPD RI, AM Fatwa. Dalam kesempatan itu, Fatwa penyampaikan penyelesainnya atas kasus tersebut.

Selain tutup mata melihat kejadian ini, menurutnya, Pemda juga tak mencarikan solusi dalam penyelesain konfliknya.

Senator asal DKI Jakarta ini juga menyayangkan pihak Istana yang masih cuek. "Petani jalan kaki dari Karawang ke Istana tapi belum ada tanggapan," tandasnya.

Selain Fatwa, temannya sesama anggota DPD RI Benny Ramdani juga datang menemui petani. Senator asal Sulawesi Utara ini berjanji akan mengadvokasi petani.

Apalagi sebagai anggota DPD yang membidangi masalah pertanahan, dia akan mengundang para petani tersebut ke Senayan setelah masa reses.  

Informasi yang diperoleh, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga akan menemui petani pagi ini. (rmol)




var obj0=document.getElementById("ads14257428976498173718"); var obj1=document.getElementById("ads24257428976498173718"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: