Ternyata Saksi Kubu Ahok Malah Untungkan JPU!!



garda cakrawala -  .Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam persidangan kasus dugaan penistaan agama, Ali Mukartono justru menyebut ketiga saksi yang disodorkan tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di sidang ke 13 malah menguntungkan pihaknya.

"Pemeriksaan saksi hari ini justru menguntungkan," kata Ali usai sidang di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3).

Dia mencontohkan, kesaksian mantan calon wakil gubernur Bangka Belitung tahun 2007, Eko Cahyono yang dihadirkan sebagai saksi pertama yang menyatakan salah satu faktor penyebab kekalahan dia bersama Ahok lantaran adanya isu Al Maidah ayat 51.

Menurut Ali, hal ini membuktikan bahwa kubu Ahok menganggap surat Al Maidah merupakan penghambat baginya.

"Berarti Al Maidah sudah diposisikan sebagai penghambat oleh mereka," terang Ali.

Sementara, ditolaknya saksi Andi Analta Amier karena telah mengikuti jalannya persidangan sebelumnya, memang sesuai dengan aturan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

"Karena menurut UU dan KUHAP Pasal 159 tidak boleh ketika masa pembuktian, maka dia (saksi) tidak boleh berada dalam satu ruangan sidang," ujar Ali.

Ditambah lagi, saksi ketiga yakni Bambang Waluyo Djojohadikoesoemo yang merupakan politisi partai Golkar, Ali mengutarakan dari keterangan saksi tersebut, membuktikan bahwa ada sebuah rangkaian yang saling berkesinambungan ketika kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu.

"Ketika dia katakan berasal partai pengusung, lalu kita tanyakan apakah kegagalan di Babel juga dibahas, dijawab iya. Artinya Al Maidah sudah dibahas sebelum Ke Pulau Seribu. Rangkaian seperti ini tidak bisa berdiri sendiri karena saling berkaitan," tandasnya.
rmol




Subscribe to receive free email updates: