Komisi III DPR RI Sebut Penundaan Sidang Ahok Agar Elektabilitas Tak Jeblok


garda cakrawalaAnggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Alhabsy mengatakan, permintaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar pembacaan tuntutan pada sidang kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditunda, semakin memperkuat adanya upaya pengkondisian.

Dimana sebelumnya publik sempat gaduh ketika ada surat dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, yang meminta sidang tuntutan terhadap terdakwa Ahok ditunda.

"Kejadian ini membuat publik semakin yakin ada upaya untuk mengkondisikan agar pembacaan tuntutan dilakukan setelah pencoblosan Pilgub DKI, sehingga tidak membuat elektabilitas Ahok terperosok," kata Aboe Bakar melalui siaran elektronik, Selasa (11/4).
Apabila dicermati selama persidangan, JPU juga sempat menyinggung soal surat dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan yang meminta penundaan sidang tuntutan Ahok kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Hal ini, menurut Aboe Bakar, menunjukkan bahwa upaya penundaan sebenarnya bukan semata karena kurang siapnya JPU. Apalagi hal ini diperkuat ketika hakim menawarkan untuk menunda sidang pada tanggal 17, namun JPU juga masih menolak. JPU baru bisa menyiapkan tuntutan tanggal 20 April atau sehari setelah pencoblosan Pilgub DKI putaran kedua.

"Siapapun yang mengikuti persidangan ini pasti akan menyimpulkan adanya something pada persidangan Ahok," kata Aboe Bakar.

Dirinya menyayangkan kejadian tersebut. Karena menguatkan persepsi di masyarakat bahwa hukum kita seolah aturable. Tentunya ini akan semakin memperburuk citra dan marwah para penegak hukum di Indonesia.

"Tentunya sebagai mitra kerja dari Kejaksaan Agung, kita akan minta penjelasan soal ketidaksiapan jaksa tersebut. Apakah memang tuntutan yang akan dibikin jaksa sampai ribuan lembar sehingga memerlukan waktu tambahan hingga sembilan hari. Atau barangkali mesin ketik di kejaksaan sedang rusak sehingga perlu dukungan anggaran. Atau mungkin tanggal 20 April dianggap sebagai tanggal yang baik untuk melakukan penuntutan," tungkas Ketua Desk Pilkada DPP PKS ini. (rmoljakarta)




var obj0=document.getElementById("ads15129391103123782089"); var obj1=document.getElementById("ads25129391103123782089"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: