Sidang Ahok agendakan pembacaan tuntutan


garda cakrawala - Sidang perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memasuki babak baru dengan agenda pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), hari ini.
Berbicara kepada Rimanews, tim pengacara Ahok menyatakan siap menghadapi tuntutan tersebut. "Kami siap, tergantung JPU siap atau tidak. Kalau kami hanya mendengarkan saja," ujar anggota tim pengacara, Humprhey R. Djemat

Dalam perkara ini Ahok didakwa melakukan penodaan agama karena mengutip surat Al Maidah ayat 51 saat kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu. JPU mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.
Sidang ke-18 Ahok hari ini digelar setelah rentetan agenda persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi, baik saksi pelapor, saksi ahli, hingga terdakwa, digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara.
Pada sidang terakhir Selasa pekan lalu, Ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto memerintahkan JPU untuk segera membuat rancangan tuntutan secepatnya. Dia berharap Jaksa sudah selesai menyusun tuntutan secepatnya agar isi tuntutan bisa dibacakan tepat minggu depan. Selain itu, bukti yang dianggap kurang juga perlu segera dilengkapi agar bisa diteliti dengan baik oleh majelis hakim.
Dwiarso menambahkan, terdakwa dan penasehat hukum bisa menyusun pledoi. Pembacaan pledoi akan dilakukan dua minggu setelah persidangan ke-17 atau dibacakan pada persidangan ke-19. Nantinya, pengadilan akan memasuki masa replik-duplik dan berakhir pada putusan perkara.
Selain itu, Dwiarso resmi mencabut larangan kamera memasuki ruang persidangan. Awak media pun dikabarkan akan diperbolehkan menyiarkan langsung jalannya persidangan.



var obj0=document.getElementById("ads14237936446512587244"); var obj1=document.getElementById("ads24237936446512587244"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: