Humas LUIS: Tuntutan JPU Tak Sesuai Fakta Persidangan


garda cakrawala Sidang pengurus Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) dan wartawan Panjimas.com, Ranu Muda terhadap kasus Social Kitchen kembali digelar di PN Semarang, Senin (15/5/2017) dengan agenda pembacaan tuntutan.
Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut tokoh LUIS dan Ranu dengan pasal 169 tentang permufakatan jahat dengan hukuman 6 bulan penjara dipotong masa tahanan.
“Menuntut terdakwa dengan pasal 169 ayat 1 yaitu turut serta dalam perkumpulan yang bertujuan untuk melakukan pemufakatan kejahatan, atau dalam perkumpulan lain yang dilarang leh aturan-aturan umum dengan tuntutan hukuman 6 bulan,” ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hargono, SH saat membacakan tuntutan.
Beberapa alasan pun disampaikan, diataranya JPU mengaku LUIS tidak berkoordinasi atau didampingi aparat kepolisian dalam melakukan aksinya sehingga melanggar hukum.
Menanggapi itu, Humas LUIS, Endro
Sudarsono menegaskan, dakwan pasal 169 tidak sesuai fakta-fakta persidangan.
“Yang jelas pasal 169 tentang pemufakatan jahat tidak sesuai dengan fakta-fakta dipersidangan bahwa LUIS memiliki anggaran dasar anggaran rumah tangga tercatat di notaris Fati Andini tahun 2008,” tegas Endro kepada jurniscom di PN Semarang.
Tuduhan JPU, kata Endro, berkenaan bahwa LUIS tidak berkoordinasi dengan aparat kepolisian sudah terbantahkan dari saksi fakta sidang sebelumnya, AKP Supardi.
“Saksi fakta dari AKP Supardi mengatakn bahwa LUIS selalu berkoordinasi dengan kepolisian, sebelum Desember bulan Juli kami sudah audiensi, kami sudah kepolisi untuk menutup, sebelum Desember lebih dari 10 kali kami koordinasi dengan satpol PP, nah pada saat itupun itu hari itu sebelum saya masuk (kafe Social Kitchen -red) sebelum kejadian kami sudah hubungi polisi dan polisi mengatakan itu ada recordnya atau datanya,” bantah Endro.
Lebih dari itu, dari persidangan sebelumnya diketahui bahwa saksi fakta dari MUI mengatakan LUIS adalah mitra MUI.
“Fakta dipersidangan MUI mengaku bahwa LUIS berada dibawah majlis Ulama Indonesia dan MUI mengatakan LUIS adalah mitra dari MUI,” tutupnya.jurnal islam




Subscribe to receive free email updates: