Jokowi Putuskan Investasi dari China Diurus Luhut Panjaitan


garda cakrawala - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan sebagai menteri yang mengurusi investasi China di Indonesia. Penunjukan oleh Presiden Jokowi dilakukan dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (22/5/2017) kemarin.

"Kemarin ditunjuk masing-masing satu. Pak Luhut itu mengurusi (investasi dari China)," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (23/5/2017).

Sementara itu, untuk investasi dari Timur Tengah, Jepang serta Eropa, Presiden Jokowi belum menunjuk menteri sebagai pihak yang mengurusnya. Namun, Presiden akan segera menunjuknya dalam waktu dekat.

Selain soal penunjukan itu, Jokowi juga memerintahkan Kapolri, Kepala BIN, Panglima TNI beserta tiga kepala staf TNI untuk turut mengamankan jalannya investasi yang masuk ke Indonesia. Tidak hanya dari China, namun juga dari negara lainnya.

"Investasi kan butuh stabilitas di dalam negeri. Nah karena itu Presiden memerintahkan Polri, TNI, BIN dan tiga kepala staf TNI untuk ikut mengamankan," ujar Johan.

"Konteks mengamankan ini adalah agar orang (pihak yang ingin berinvestasi) merasa aman, nyaman berinvestasi di Indonesia," lanjut dia. [kc]





var obj0=document.getElementById("ads18685940161992313207"); var obj1=document.getElementById("ads28685940161992313207"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: