Penemuan Penjara Bawah Tanah di Komplek Ponpes Al Fatah Ciomas

Loading...

garda cakrawala - Ruang bawah tanah ditemukan di Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah di Pagelaran Ciomas Bogor, Jawa Barat. Diduga, ruangan rahasia itu merupakan penjara bawah tanah peninggalan Belanda.
Penjara bawah tanah itu memiliki beberapa ruangan. Setiap ruangan dipasangi teralis besi layaknya penjara. Namun belum diketahui secara pasti berapa jumlah ruangan di tempat tersebut.

Penemuan ruangan bawah tanah itu bermula saat tukang bangunan menggali tanah di lokasi pembangunan masjid di komplek Ponpes Al Fatah.
“Jadi memang itu buat bangun masjid. Ditemukan waktu tukang bangunan menggali buat pondasi masjid,” ujar Warga Ciomas, Adi Warman (26) kepada pojokjabar, Kamis malam (11/5/2017).
Ruang bawah tanah ditemukan di kompleks Ponpes Al Fatah Ciomas
Bibir pintu masuk ke ruangan bawah tanah itu menyerupai gua dan terdapat pagar besi. Pintunya terbuat dari batu bata merah, lengkap dengan teralis besi. Untuk masuk ke ruangan itu, harus dilakukan dengan cara merangkak.


Ruang bawah tanah ditemukan di kompleks Ponpes Al Fatah Ciomas
Menurut keterangan salah satu santri, di balik pintu selebar kurang lebih 100 centi meter itu ada sebuah kamar-kamar kecil. Namun tidak diketahui jumlahnya.
“Pada takut masuk karena di dalam gelap. Jadi belum bisa diketahui jumlah,” bebernya.
Pengelola Ponpes Al Fatah hingga kini belum dapat dikonfirmasi terkait penemuan penjara bawah tanah tersebut. “Lagi ada pengajian malam Nisfu Sya’ban malam ini Kang,” pungkasnya.

(don/pojoksatu)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...