Pengamat: Pendukung Ahok akan All Out Tinggalkan Jokowi di 2019

Loading...

garda cakrawalaDirektur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai dengan dipenjaranya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok atas kasus penistaan agama, pendukung setia Ahok akan meninggalkan Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

"Presiden Jokowi boleh jadi ditinggalkan pendukung all out Ahok," katanya kepada INILAHCOM, Kamis (11/5/2017).

Meski demikian ia juga menilai walaupun dukungan dari Ahoker akan berkurang, tapi Jokowi akan mendapat tambahan suara dari masyarakat yang mencari keadilan soal penistaan agama.

"Tapi, nggak bisa dinafikan Presiden Jokowi memperoleh empati dari masyarakat yang mencari keadilan terkait kasus penistaan agama," ulasnya.

Diberitakan sebelumnya Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara resmi menjatuhkan vonis dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penodaan agama atas perkataannya yang menyadur Surah Al Maidah ayat 51 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Kemendagri pun memutuskan untuk menunjuk Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat untuk menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI selama Ahok menjalani masa tahanan hingga masa jabatan keduanya usai. Ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan di Ibukota.

Atas kejadian ini pun sejumlah pendukung Ahok menyuarakan kekecewaannya pada Presiden Jokowi saat aksi meminta Ahok dibebaskan. Spekulasi pun bermunculan bahwa titik itu jadi petunjuk suara pendukung Ahok akan berpaling dari Jokowi. [inc]



loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...