Komnas HAM Temui Menkopolhukam Bahas Kriminalisasi Ulama


garda cakrawala - Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mendatangi Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/6)
Kedatangan Pigai untuk berkoordinasi dengan sejumlah pihak di Menkopolhukam terkait dugaan kriminalisasi ulama.

"Laporan dari presidium 212 plus HTI (Hizbut Tahrir Indonesia). Mereka menyampaikan persoalan yang dihadapi para ulama, aktivis, dan beberapa orang termasuk kebebasan berserikat oleh organisasi yang namanya HTI," kata Pigai di Kantor Kemenkopolhukam.

Karenanya, kata dia, Komnas HAM telah menindaklanjuti dan melakukan pemantauan, penyelidikan dan mendapatkan data, fakta, dan informasi.

"Setelah itu dalam proses ini kami belum mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi sementara kami tahan, karena presidium 212 dan pengacaranya meminta supaya Komnas HAM memediasi dengan pemerintah," ungkapnya.

Karena itu, lanjut dia, untuk menindaklanjuti persoalan antara pemerintah dengan komunitas ulama muslim, maka Komnas HAM mengirimkan surat ke Menkopolhukam, Mendagri, Kapolri, Jaksa Agung, Badan Intelijen Negara, dan sebagainya untuk melakukan pertemuan.

"Pertemuan ini hanya untuk menyampaikan bahwa negara atau pemerintah harus ambil langkah progresif ciptakan kedamaian antara pemerintah dengan komunitas muslim," terangnya.

Menurutnya, salah satu langkah yang perlu diambil yaitu bertujuan untuk menciptakan kedamaian dan hentikan kegaduhan. Dia juga berharap, pertemuan hari ini membuahkan hasil yang baik.

"Apa yang kami lakukan tetap dalam koridor proses hukum. Kami hormati proses hukum. Yang bisa hentikan proses hukum hanya pemerintah, yaitu presiden. Mudah-mudahan pemerintah bisa ciptakan kedamaian," tandasnya. [rmol]






var obj0=document.getElementById("ads14025430445659600054"); var obj1=document.getElementById("ads24025430445659600054"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: