Mantaap! Jaga Pulau Terdepan, TNI Bangun Dermaga Kapal Selam di Lanal Palu


garda cakrawalaTNI terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana pertahanan laut di wilayah terdepan Indonesia. Pembangunan sarana pertahanan dilakukan berdasarkan perkembangan situasi strategis terkini.

Baru-baru ini, TNI membangun sebuah dermaga sionban kapal selam di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Selain strategis, lokasi ini dipilih karena memiliki kontur alam yang cocok dijadikan pangkalan kapal selam.

"Pangkalan selam sangat diperlukan dalam situasi sekarang ini," ujar Gatot melalui keterangan pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (10/6/2017).
Gatot mengatakan, selama ini dermaga kapal selam hanya terdapat di markas Komando Armada Timur di Surabaya. Pembangunan dermaga kapal selam di Lanal Palu menjadi sangat strategis karena operasional kapal selam ke wilayah timur Indonesia bisa langsung dilakukan tanpa harus kembali ke Surabaya.

"Makanya ini sangat strategis," kata Gatot.

Ada sejumlah kendala yang dihadapi TNI dalam proses pembangunan dermaga kapal selam di Lanal Palu ini. Di antaranya keterbatasan anggaran pengadaan materi pendukung seperti mekanik dan elektrik hingga dermaga bisa beroperasi 100%.

Sementara ini, kata Gatot, pihaknya fokus membangun dermaga. Sarana pendukung lainnya akan dipenuhi pada tahun anggaran berikutnya.

Dia menambahkan, pembangunan dermaga kapal selam di Lanal Palu merupakan satu rangkaian dari rencana strategis TNI membangun pulau-pulau terdepan Indonesia. Di antaranya Pulau Natuna, Morotai, Biak hingga Saumlaki. Ibarat kapal induk, pulau-pulau terdepan ini akan menjadi pusat berkumpulnya armada perang penjaga kedaulatan NKRI.

"Semuanya secara bertahap dibangun, tidak bisa serentak sesuai kondisi ekonomi," kata Gatot. 

sumber : sindonews







var obj0=document.getElementById("ads18952048021056231996"); var obj1=document.getElementById("ads28952048021056231996"); var s=obj1.innerHTML; var t=s.substr(0,s.length/2); var r=t.lastIndexOf(" "); if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+1);}

Subscribe to receive free email updates: