Masih Ingin Menang Pilpres, Jokowi Diyakini Tak akan Bubarkan KPK dan Komnas HAM

Loading...

garda cakrawala – Wacana pembubaran dua lembaga nonstruktural, KPK dan Komnas HAM, didukung Pengamat Politik Muchtar Effendi. Kendati begitu, dia pesimis Presiden Joko Widodo akan mendukung wacana tersebut.
Menurutnya, apabila Jokowi berani membubarkan KPK dan Komnas HAM, maka elektabilitas Jokowi akan merosot. Pasalnya, kelompok pendukung dua lembaga itu pasti murka.
“Bahkan jika KPK dibubarkan Jokowi, sekitar 250 profesor pendukung buta KPK menjadi kecewa juga terhadap Jokowi,” kata Muchtar saat dihubungi kriminalitas.com, Rabu (5/7/2017).
“Juga sekelompok yang mengaku aktivis prodemokrasi dan menuduh Pansus Hak Angket KPK untuk memperlemah KPK, juga menjadi sangat kecewa dan marah terhadap Jokowi,” tambahnya.
Sementara itu, lanjutnya, bagi umat Islam yang berpolitik, persepsi dan sikap negatif terhadap Jokowi terkait wacana pembubaran itu tak ada pengaruhnya.
Pasalnya, mereka terlanjur kecewa dengan sikap pemerintahan saat ini yang dianggap mendiskreditkan umat Islam.
“Jadi isu KPK ini memang berada di arena politik kekuasaan, bukan politik hukum,” pungkas peneliti senior Network for South East Asian Studies (NSEAS) tersebut.
Sebelumnya, desakan pembubaran KPK disuarakan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Menurutnya, KPK dan Komnas HAM sebagai lembaga nonstruktural memiliki tupoksi yang sudah diemban lembaga negara lainnya sehingga layak untuk dibubarkan.



loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...