Noorsy: Pemerintah Salah, Hutang Indonesia Sekitar Rp4 Ribu Triliun


garda cakrawalaHutang negara Indonesia ke luar negeri tidak hanya sebesar Rp. 3.672 triliun. Hitung-hitungan Pengamat ekonomi, Ichsanuddin Noorsy, hutang luar negeri Indonesia per Juni 2017 sekitar Rp.4 ribu triliun.

"Angkanya salah, angka per Juni 2017 4364,767 triliun Dollar. Jumlahnya adalah 3.228.178.000 USD dikali Rp.13.300," jelasnya dalam diskusi bertajuk "Hutang Negara Untuk Siapa?" di Media Center Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/7).

Angka tersebut didapatkan dari perhitungan yang tidak hanya mengambil dari kewajiban pemerintah Indonesia terhadap negara yang memberi hutang, melainkan juga semua kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah.


"Kita ambil secara menyeluruh. Hutang itu adalah bentuk seluruh kewajiban sebuah negara, baik kepada negara lain atau lembaga internasional, multilateral atau terhadap invasi korporasi asing atau terhadap pribadi. Jadi tetap merupakan kewajiban. Karena kewajiban, maka dia tidak melulu pada posisi yang namanya pinjaman-pinjaman luar negeri," jelasnya.



"Itu baru sektor makro, saya belum bicara portofolio, saya belum bicara sektor perbankan, saya belum bicara sumber daya, hanya konsumsi hutang luar negeri saja, baik pemerintah maupun swasta jumlahnya seperti itu," lanjutnya. [rmol]



Subscribe to receive free email updates: