Punya Massa dan Pengaruh Kuat Tak Jamin Habib Rizieq Diberi Abolisi

Loading...

garda cakrawala – Wacana pemberian abolisi kepada tersangka kasus pornografi Habib Rizieq Shihab berembus beberapa waktu belakangan. Muncul kabar ‘hadiah’ abolisi itu akan diberikan Presiden Joko Widodo kepada Habib Rizieq Shihab.
Kabar itu muncul lantaran Habib Rizieq diyakini salah satu tokoh dengan pengaruh dan jaringan yang kuat.
Namun, Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menegaskan hal tersebut bukanlah jaminan yang membuat Rizieq akan mendapatkan abolisi dari Jokowi. Menurutnya, pemberian abolisi harus tetap melalui pertimbangan DPR sesuai dengan Pasal 14 ayat 2 UUD 1945.
“Tapi tetap saja abolisi harus ada pertimbangan dari DPR. Tidak bisa mengeluarkan abolisi itu tanpa pertimbangan DPR,” kata Margarito saat dihubungi kriminalitas.com, di Jakarta, Rabu (5/7/2017).
Selain itu, menurutnya, apabila Jokowi memberikan abolisi terhadap Rizieq, maka dapat diartikan bahwa pemerintah mengakui kasus yang dialami Ketua Dewan Pembina GNPF-MUI itu adalah kasus politik.
“Karena dasar dari abolisi itu musti tindakan politik. Jadi kalau pemerintah mau memberikan abolisi, maka secara hukum pemerintah mengartikan tindakan yang menjerat Habib Rizieq itu sebagai tindakan poitik,” kata Margarito.kriminalitas




loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==