Benarkah Dana Aqua Untuk Membiayai Pengkaderan Misionaris ?

Loading...

garda cakrawala – Sejak kemarin beredar foto yang bertuliskan “Pondok Remaja PGI”. Dalam foto tersebut ada logo Aqua-Danone, perusahaan air mineral yang menunjukkan bahwa Aqua merupakan sponsor pada Pondok Remaja PGI tersebut.
Pada keterangan foto yang diupload netizen, bertuliskan, “Sekolah pengkaderan misionaris yang disponsori oleh Aqua. Lokasi di Jl. Raya antara Cipayung-Cisarua Puncak Bogor Jawa Barat. Dananya dari Penjualan Aqua. Hayoooo mulai sekarang berhenti minum Aqua”. Tapi benarkah Aqua membiayai pengkaderan misionaris tersebut?
Setelah dilakukan penelusuran ke pihak Aqua-Danone, mereka mengklarifikasi isu yang beredar tersebut. Pihak Aqua-Danone menyatakan bahwa dana tersebut adalah dana Corporate Social Responsibility (CRS) perusahaan. Dan dana CSR Aqua-Danone tidak hanya dipakai untuk mendanai Pondok Remaja PGI.
Perlu diketahui, setiap perusahaan punya tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan. Perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Jadi CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku.
Adapun tujuan CSR adalah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Perlu diketahui juga 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:
  1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya
  2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan
  3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik
  4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
  5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, sosial serta budaya
Dana CSR Aqua-Danone digunakan untuk mendanai berbagai macam kegiatan yang memang mendukung untuk pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan. Seperti halnya Pondok Remaja PGI, salah satunya Pondok Pesantren Shirojuttholibin, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat juga didanai oleh dana CSR Aqua-Danone. Bisa dilihat di beberapa foto berikut terkait dana CSR Aqua-Danone untuk Pondok Pesantren Shirojuttholibin.
Setelah ngelmu.id mengirimkan foto yang ramai beredar di sosial media tentang Aqua yang membiayai pengkaderan misionaris, berikut adalah pernyataan klarifikasi dari salah seorang Direktur Danone melalui pesan.
“Sebenernya salahnya dimana ya? Yang mesjid2 juga dibantu kok. Di setiap depot, pabrik dan officess kita ada musholla megah berdiri, secara pendiri Aqua kebetulan seorang Kristen, sekarang diakuisisi Danone yg juga perusahaan Prancis. Produknya bersertifikasi Halal dan dari 13000 karyawan juga 90%-an beragama Islam. Tapi thanks warning nya 🙏🙏,” jelas salah seorang Direktur Danone tersebut.
Walaupun itu hak perusahaan, pihak ngelmu.id tetap respek dengan respon dari pihak Danone atas pesan gambar yang kami kirimkan. Respek dengan pihak Aqua-Danone yang tetap berterima kasih atas warningnya yang diberikan.
Jadi teringat juga saat-saat di SMA. Rohis dulu dan bahkan mungkin sampai sekarang sering dapat sponsorship untuk kegiatan-kegiatan yang diadakan Rohis dari perusahaan-perusahaan umum seperti Teh Botol Sosro, namun tidak pernah terdengar tuduhan Sosro jadi pengkaderan teroris karena membiayai kegiatan-kegiatan Rohis tersebut.
Berbuat baik dan adil kepada siapapun, insyaAllah berkah.[Nge]


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...