Alhamdulillah.,Wapres JK: Indonesia Siap Tampung Berapa Saja Pengungsi Rohingya

Loading...


Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia senantiasa terbuka untuk menampung berapa saja pengungsi etnis Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar akibat konflik yang terjadi di sana.

Alasannya, para pengungsi menjadikan Indonesia sekadar sebagai lokasi transit sebelum mengungsi ke negara-negara yang dianggap lebih maju serta bisa menjanjikan kemakmuran lebih baik untuk mereka.

"Kita menampung berapa saja, kita tampung," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 5 September 2017, seperti dilansir VIVAnews.

Menurut JK, Indonesia bekerjasama dengan badan PBB yang menangani pengungsi (UNHCR) untuk selanjutnya menetapkan tempat pengungsian permanen bagi para pengungsi Rohingya. Lokasi itu antara lain negara seperti Amerika Serikat dan Australia.

JK menyampaikan, di negara-negara maju itu, para pengungsi selanjutnya bisa dijadikan tenaga kerja untuk turut menggerakkan perekonomian negara yang bersangkutan.

"Karena itu, justru negara-negara seperti Amerika itu memang butuh tenaga kerja. Kalau di negara kita, kan sudah berlebihan tenaga kerja," ujarnya.

Sebagai informasi, Indonesia dijadikan lokasi pengungsian oleh ratusan pengungsi Myanmar sejak konflik terjadi beberapa tahun lalu. Lokasi para pengungsi itu antara lain berada di Aceh dan Makassar, Sulawesi Selatan. (VIVAnews)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...