Cabut Subsidi, Pemerintah Janji Tak Naikan Tarif Listrik Hingga Akhir Tahun

Loading...

Setelah mencabut subsidi terhadap belasan juta pelanggan rumah tangga golongan 900 VA, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan kembali menegaskan janjinya untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun ini.
“Ya, masih berkomitmen (untuk tidak menaikkan tarif listrik), Presiden dan kita semua berusaha untuk tidak menaikkan tarif listrik sampai akhir tahun ini, jadi kalau bisa tarif listrik turun,” ujar Jonan di Jakarta, Senin (4/9).
Selanjutnya untuk dapat menurunkan tarif listrik, PLN diminta untuk melakukan efisiensi-efisiensi termasuk harga bahan baku sumber energi yang dipergunakan.
“PLN wajib melakukan efisiensi energi, ini sudah komitmen besar dari PLN untuk melakukan efisiensi, sehingga kalau biaya produksi berubah-berubah masih bisa ditangani. Sebenarnya yang fluktuatif itu energi primer, seperti batubara, minyak, dan gas. Gas sudah kita atur sudah buat regulasi dimana harganya itu bisa dijangkau,” jelas Jonan.
Selain sumber energinya Jonan juga menyarankan PLN untuk mulai mengendalikan tata kelola dan manajemen kelistrikan seperti proses pemeliharaan.
“Salah satu pos yang akan terkena proses efisiensi adalah soal pemeliharaan namun bukan mengurangi pemeliharaan, tapi membuat biaya pemeliharaan menjadi lebih kompetitif dan efisien, tanpa mengurangi apa yang harus dipelihara,” jelas Jonan lagi.
Dengan melakukan pemeliharaan yang baik, selain akan menurunkan cost juga dapat mengurangi pemadaman. “Pemadaman bergilir itu kecuali faktor gangguan alam itu juga karena banyak perbaikan yang harus dilakukan untuk pembangkit-pembangkit yang sudah agak lama. Nah itu yang memang harus diperbaiki,” pungkas Jonan.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...