Ini Manfaat Memiliki Jenggot yang Lebat

Loading...

Bagi Muslim, menumbuhkan jenggot merupakan salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Jenggot juga merupakan salah satu tren di kalangan pria untuk memperindah penampilan. Tak heran, cukup banyak pria yang tergoda untuk menumbuhkan jenggot mereka hingga cukup lebat.
Memiliki jenggot lebat ternyata tak hanya menunjang penampilan tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan. Tim peneliti University of Queensland mengatakan jenggot lebat dapat melindungi pria dari paparan sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit.
Untuk mencapai kesimpulan ini, tim peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan manekin. Tim peneliti menambahkan rambut wajah tambahan pada masing-masing manekin dengan jumlah rambut yang berbeda-beda.Seluruh manekin ini lalu diletakkan di bawah pancaran sinar matahari. Setelah itu, tim peneliti melakukan pengukuran kadar radiasi yang terserap oleh masing-masing manekin.
Hasil percobaan menunjukkan bahwa manekin dengan jenggot terlebat mendapatkan perlindungan paling optimal dari apparan sinar UVA maupun UVB. Ahli dermatologi Dr Anil mengatakan proteksi sinar UV yang diberikan jenggot ini sangat bergantung pada ketebalan dan kepadatan jenggot.
“Diperlukan lebih banyak studi. Akan tetapi bukti-bukti saat ini mengindikasikan bahwa rambut wajah dapat memberi perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat matahari,” kata Anil seperti dilansir dari NetDoctor, Ahad (3/9).
Meski dapat memberi perlindungan, tim peneliti yang diketuai Profesor Parisi ini menyarankan agar jenggot tak dijadikan sebagai alternatif tabir surya. Meski memiliki jenggot yang lebat, beberapa area lain seperti hidung, pipi hingga kening tetap membutuhkan perlindungan tabir surya dengan SPF.
Area-area wajah tersebut penting untuk dilndungi karena dinilai paling berisiko terhadap ancaman kanker kulit. Kanker kulit biasanya menjadi lebih agresif jika terdapat pada area-area wajah ini.
Di samping dapat memberi perlindungan dari sinar UV yang berbahaya, jenggot juga dapat membuat pria lebih awet muda. Hal ini karena paparan sinar UV yang lebih rendah dapat menunda proses penuaan dan menjauhkan kulit di balik jenggot dari kerutan.(era)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...