Jokowi Soal Infrastruktur: Presiden Saja Susah, Apalagi Masyarakat

Loading...

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pentingnya pembangunan infrastruktur bagi sebuah negara. Sebaliknya, jika infrastruktur belum baik, maka akan berdampak bagi perekonomian.
Dalam sambutannya ketika meresmikan Tol Jombang-Mojokerto, Surabaya, Jawa Timur, Jokowi menceritakan sulitnya menjangkau suatu daerah yang infrastrukturnya belum baik.
"Saya merasakan betapa menjangkau ke sebuah daerah di Indonesia, sangat susah, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Saya saja yang presiden saja merasakan susahnya menjangkau sebuah daerah, apalagi masyarakat, saya bisa membayangkan," ujar Jokowi di Gerbang Tol Jombang-Mojokerto, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/9).

Pembangunan Infrastruktur di Jakarta
Pembangunan Infrastruktur di Jakarta (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menceritakan pengalaman sulitnya menjangkau suatu daerah di Halmahera, Maluku Utara.
"Pernah kami buka pelabuhan kecil di Halmahera Tengah, di Tapaleo. Ke sana lewat darat tidak bisa, lewat laut juga tidak bIsa karena gelombang tinggi. Dengan adanya pelabuhan barang-barang di sana bisa keluar. Itulah fungsinya infrastruktur yang perlu dijelaskan ke masyarakat berkali-kali," jelasnya.
Infrastruktur, lanjutnya, adalah sektor yang sangat fundamental, terutama untuk persaingan bangsa.
"Oleh sebab itu, saya selalu minta informasi penyelesaian pembangunan infrastruktur ke Menteri PU. Jam berapa pun saya tanya, kapan jalan ini selesai, kapan bendungan selesai, kapan irigasi di sini selesai. Karena kalau Pak menteri saya kejar, menteri pasti kejar Dirjen, Dirjen akan kejar eselon di bawahnya, saling kejar-kejaran, sehingga semuanya selesai, itu yg kita harapkan," ucap Jokowi.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==