Pembantaian di Myanmar Bentuk Penghapusan Muslim Rohingya

Loading...

Ribuan Ormas Islam Medan mengutuk keras pembantaian muslim Rohingya, Myanmar. Hal ini diungkapkan oleh salah satu anggota Ormas Islam bernama Rafdinal.
Menurutnya, pembantaian etnis Rohingya merupakan tindakan membumi hanguskan muslim di wilayah tersebut.
“Kami mengutuk keras pembantaian muslim Rohingya di Myanmar. Kami menegaskan sikap dan tekad bahwa kami marah dan membenci pada pemerintah Myanmar. Apakah ini bentuk penghapusan muslim di Myanmar?” ujar Rafdinal kepada wartawan, Jumat (8/9/2017).
Rafdinal menambahkan, tindakan yang dilakukan militer Myanmar merupakan kejahatan yang luar biasa.
“Seluruh mata dunia sudah melihat kesadisan pemerintah Myanmar. Ini kejahatan luar biasa yang enggak bisa didiamkan. Hari ini orang sedunia tahu bahwa etnis Rohingya adalah orang yang paling tertindas di muka bumi ini,” tuturnya,
Seperti diketahui, kericuhan terjadi di Rakhine sejak beberapa hari lalu. Kericuhan ini dimulai dari serangan yang dilakukan sejumlah ekstremis Rohingya terhadap puluhan anggota kepolisian dan militer Myanmar.
Menanggapi hal tersebut, Myanmar langsung mengerahkan sejumlah pasukan untuk menyerbu desa warga Rohingya di negara bagian Rakhine. Dalam penyerbuan tersebut, setidaknya 400 warga Rohingya tewas dan ratusan ribu lainnya dilaporkan langsung mengungsi ke Bangladesh.
Sementara itu, pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi menganggap konflik berdarah yang menimpa warga minoritas Rohingya disebabkan oleh kesalahan penyampaian berita.
Menurutnya, operasi militer di negara bagian Rakhine adalah untuk menjaga kestabilan wilayah tersebut dan juga negara Myanmar. Pasalnya, aksi terorisme marak berasal dari kawasan tersebut.
“Pemerintah telah melakukan aksi untuk membela warga di Rakhine dengan cara dan metode terbaik yang bisa kami lakukan,” ujar Suu Kyi lewat akun Facebook resmi pemerintah Myanmar.
Suu Kyi juga mengutuk beredarnya hoax dan berita-berita yang meleset mengenai kondisi yang terjadi di Rakhine. Secara khusus, Suu Kyi menuding Wakil Perdana Menteri Turki yang telah memposting sebuah gambar yang memperlihatkan kondisi warga Rohingya.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...