Pengamat: Pembatasan Sepeda Motor Hanya Memindahkan Kemacetan

Loading...

Perluasan pembatasan sepeda motor di Jakarta mulai dari Bundaran HI hingga Bundaran Senayan yang rencananya akan mulai diuji coba mulai 12 September 2017, dinilai oleh Transportasi Universitas Tarumanegara, Leksmono Suryo Putranto hanya akan memindahkan kemacetan dari jalan protokol ke jalan alternatif.
Sehingga, kata dia, wajar bila DKI terkesan memberikan karpet merah kepada roda empat dan menyingkirkan kendaraan roda dua yang sama-sama membayar pajak.
Leksmono menjelaskan, pembatasan kendaraan merupakan instrumen untuk mengurai kemacetan dan mengurangi kecelakaan roda dua. Namun tentunya harus ada peningkatan layanan transportasi umum yang memadai.
“Termasuk dukungan petugas terhadap masyarakat pengguna angkutan umum. Tanpa adanya layanan yang memadai tersebut, penolakan terhadap pembatasan roda dua pasti akan terjadi,” kata Leksmono, Senin (4/9).
Dia juga berpendapat, sepinya penumpang di beberapa koridor bus Transjakarta adalah kesalahan manajemen bus Transjakarta. Dia mengatakan, pelayanan Transjakarta yang masih minim membuat warga lebih memilih kendaraan pribadi untuk memenuhi kebutuhan mobilitasnya.
“Yang salah manajemennya kalau bus TransJakarta sepi bukan malah harus memaksa pengendara roda dua tanpa ada pilihan pengganti yang melayani dari awal perjalanannya,” ujarnya.
Selain itu, Leksmono juga meminta Pemprov DKI Jakarta segera mengambil jalur yang tidak biasa dalam menerapkan Electronic Road Pricing (ERP) dengan meminta bantuan pemerintah pusat.
Dia menilai ERP merupakan satu-satunya pembatasan kendaraan dan tidak akan berjalan sempurna pada awal penerapannya. Disitulah peran pemerintah pusat untuk membantu Pemprov DKI memulai tanpa menunggu kesempurnaan tersebut.
“Kalau menunggu sempurna ya tidak akan berjalan. Terapkan saja dahulu sambil menyempurnakannya. Terpenting masyarakat dapat mengetahui bahwa untuk lewat kawasan ERP harus membayar cukup mahal. Sehingga mereka berpikir untuk segera mencoba angkutan umum,” ungkapnya‎. (swa)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==