Bangladesh akan Buka Hutan Untuk Pengungsi Rohingya

Loading...
Saat ini sulit untuk menemukan tempat bagi masuknya pengungsi Rohingya dalam jumlah besar. Bangladesh berencana untuk menebang pohon-pohon di hutan untuk memperluas sebuah kota tenda bagi tempat tinggal keluarga-keluarga miskin yang melarikan diri dari kebiadaban rezim Myanmar.
Lebih dari setengah juta Rohingya telah tiba di Bangladesh, sejak akhir Agustus akibat pemusnahan etnis yang dilakukan pasukan keamanan Myanmar.
Walau bukti-bukti begitu jelas, namun tetap saja Myanmar  menolak tuduhan tersebut dengan mengatakan, tindakan militer diperlukan untuk memerangi teroris yang telah membunuh warga sipil dan membakar desa. Teroris yang mereka maksud adalah perempuan tua dan anak-anak bayi yang dibunuhi.
Bangladesh dan organisasi kemanusiaan internasional saat ini  menghitung biaya untuk menyediakan makanan, air, dan perawatan bagi orang-orang yang kehilangan tempat tinggal.
Menemukan tempat yang cukup kosong untuk menampung para pengungsi adalah masalah besar. “Pemerintah mengalokasikan 2.000 hektar saat jumlah pengungsi hampir 400 ribu,” kata Sekretaris Manajemen dan Bantuan Bencana di Bangladesh, Mohammad Shah Kamal, Kamis (5/10).(kl/rk/era)


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...