Bantu Rohingya, Rumah Zakat Gandeng Bobotoh Didukung Ketua MPR

Loading...

Krisis kemanusiaan yang disebabkan meningkatnya penindasan terhadap etnis Rohingya yang mayoritas muslim di Rakhine State, Myanmar, mengakibatkan melonjaknya arus pengungsi ke Bangladesh.
Diperkirakan hingga saat ini Bangladesh menjadi tuan rumah bagi total 800.000 pengungsi Rohingya, dimana 519.000 orang bergelombang masuk sejak 25 Agustus 2017 lalu.
Para pengungsi Rohingya yang datang ke Bangladesh, sebagian besarnya adalah anak-anak dan perempuan. Kondisi mereka rata-rata dalam keadaan trauma, kekurangan nutrisi, bahkan cedera karena tembakan peluru, luka bakar, hingga ranjau darat.
Sejak Bulan September 2017 Rumah Zakat mengirimkan bantuan kemanusiaan secara bergelombang ke kamp-kamp pengungsian di Bangladesh, diantaranya; Teknaf, Balukhali, Kutupalong, Ghundum, dan Jamtoli.
“Fokus bantuan yang utama adalah Food Aid (pangan), hingga awal Oktober ini Rumah Zakat telah mendistribusikan 6.400 paket bantuan pangan. Satu paket bantuan pangan setara dengan kebutuhan untuk satu Kepala Keluarga pengungsi yang tinggal berdesakan di bivak-bivak di kamp pengungsian. Berdasarkan data Tim Kemanusiaan Rumah Zakat di lapangan, tercatat 32.000 orang pengungsi yang sudah terbantu melalui bantuan pangan,” ungkap CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, di Bandung, Rabu (11/10).
“Alhamdulillah atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Indonesia, bantuan untuk pengungsi Rohingya bisa terus digulirkan. Layanan kesehatan kolaborasi Rumah Zakat dengan Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) pun sudah bisa melayani hampir 2.800 pengungsi di awal Oktober ini,” tambah Nur Efendi.
Kolaborasi dengan Bobotoh dan Ketua MPR
Rumah Zakat menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk mewujudkan aksi kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya ini. Diantaranya adalah dengan Bobotoh Persib, yang memulai aksi kepedulian melalui koreo tulisan ‘Save Rohingya’ saat berlangsung pertandingan antara Persib dan Semen Padang di Stadion Jalak Harupat, Soreang, pada Sabtu (9/9) lalu yang menuai pemberian sanksi pada Persib.
“Yang mau patungan secara langsung, silakan datang ke Sidolig (Stadion Persib yang juga menjadi basecamp Bobotoh). Tapi jika ingin transfer atau melalui online, kami bekerjasama dengan Rumah Zakat. Nanti bisa dikirim ke melalui rekening Rumah Zakat, agar lebih transparan,” ujar Dirigen Viking Persib Club Yana Umar saat penggalangan dana dimulai.
Yana Umar pun menyatakan komitmen bahwa donasi yang terhimpun melebih nominal sanksi untuk Persib, maka dana akan didistribusikan untuk pengungsi Rohingya melalui Rumah Zakat.
Aksi kepedulian ini pun menuai dukungan dan donasi langsung dari Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.
Saat pemberitaan aksi penggalangan dana ini mulai banyak diberitakan media, Zulkifli Hasan langsung memberikan dukungan berupa donasi langsung untuk kampanye ‘Bobotoh Peduli Rohingya’ yang dirilis Rumah Zakat melalui situs www.sharinghappiness.org.
“Salut untuk solidaritas sahabat-sahabat Bobotoh untuk Rohingya. Ini sepenuhnya solidaritas KEMANUSIAAN, bukan politik #SaveRohingya,” ujar Zulkifli melalui akun terverifikasinya di media sosial Twitter.
Dukungan dan kepedulian Zulkifli ini juga ditunjukkan melalui temu silaturahim yang dilaksanakan pada Rabu (11/10) yang melibatkan perwakilan Bobotoh dan manajemen Rumah Zakat, bertempat di Kantor Pusat Rumah Zakat di Jalan Turangga 33, Bandung, Jawa Barat. 
sumber:(swamedium)




loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...