Bikin Baper, Ini Foto Eksklusif dan Kisah Pernikahan Ketiga KH M Arifin Ilham

Loading...

Pernikahan ketiga KH M Arifin Ilham secara resmi diumumkan melalui akun fesbuk sang dai pada Rabu (4/10/17) siang. Melalui unggahan 10 pilar keluarga sakinah yang dilengkapi dengan video pendek berdurasi 2 menit, sang dai mengabarkan kepada umat Islam terkait berita gembira nan langka ini.

Umat Islam dan masyarakat Indonesia menyambut gembira langkah berani Kiyai Arifin. Media-media lekas memberitakan pernikahan ketiga dai kelahiran Banjarmasin Kalimantan Selatan ini.

Siapakah wanita beruntung yang menjadi istri ketiga Arifin Ilham? Berasal dari mana? Berapa usianya? Bagaimana statusnya? Seperti apa kerelaan hati istri pertama dan kedua Arifin Ilham? Bagaimana cara yang ditempuh Arifin untuk berlaku adil sebagaimana diperintahkan oleh Al-Qur'an?

Istri Pertama dan Kedua

Arifin Ilham menikah dengan istri pertamanya pada 28 April 1998. Sang istri merupakan wanita shalihah anak seorang ulama besar sekaligus mursyid Thariqah Naqasabandiyah Daerah Istimewa Aceh.

Perempuan bernama Wahyuniati Al-Waly kerap dipanggil 'Bidadari Khadijah' oleh Arifin Ilham dalam banyak kesempatan. Ia merupakan wanita yang tulus mencintai sang dai sejak menetap di Depok tahun 1999.


Anak pertama Arifin dan Yuni, Alvin Faiz, telah menikah di usia 17 tahun dan sudah memiliki anak pada Mei 2017 lalu. Alhasil, Arifin dan Yuni resmi menjadi seorang kakek dan nenek.

Pada tahun 2010, setelah mendidik dan bermusyawarah kepada keluarga besarnya, Arifin menikah untuk kedua kalinya dengan seorang wanita keturunan Yaman. Dalam salah satu kajian yang Tarbawia ikuti, Arifin mengisahkan bahwa selisih usia antara istri pertama dengan istri kedua sebanyak 16 tahun.

Arifin sendiri lebih tua 6 tahun dari istri pertamanya. Sehingga selisih usia Arifin dengan istri keduanya sebanyak 22 tahun.

Bukannya surut, keluarga yang kian besar ini justru terlihat makin bahagia. Arifin kerap menunjukkan kebersamaan dengan dua istrinya di berbagai tempat umum. Arifin dan dua istrinya bahkan aktif di media sosial instagram, berdakwah dan mengabarkan kehidupan pribadinya.

Pernikahan Ketiga Arifin Ilham

Pernikahan ketiga Arifin Ilham dilakukan sebelum Hari Raya Idul Adha. Seorang ustadz yang enggan disebut namanya mengonfirmasi hal ini kepada Tarbawia.

"Sebelum Idul Adha," tutur sang Ustadz kepada Tarbawia melalui pesan WhatsApp pada Rabu (4/10/17).


Istri Ketiga

Sang dai mengabarkan, istri ketiganya ini berusia 37 tahun. Statusnya pernah menikah dengan dua orang anak. Sang istri ketiga ini merupakan wanita keturunan suku Sunda.

Soal ini, Arifin kerap bercanda kepada jamaah dzikir. Ia kerap menyatakan, istri ketiganya nanti dari Sunda agar memanggilnya Aa', istri keempat dari Jawa agar memanggilnya dengan sebutan Mas.

"Istri pertama Aceh, manggil Arifin Kakak. Istri kedua keturunan Yaman-Padang, menggil Arifin Bang. Nanti yang ketiga dari Sunda agar manggil Arifin Aa', dan yang keempat dari Jawa supaya manggil Arifin dengan sebutan Mas." ujar sang dai, disambut tawa hadirin.

Usia Arifin Ilham dan Ketiga Istrinya

Saat ini, Kiyai Arifin Ilham berusia 48 tahun. Istri pertamanya berusia 42 tahun. Istri kedua 26 tahun. Istri ketiga 37 tahun (beranak 2 saat menikah dengan Kiyai Arifin Ilham. [tbc]


loading...

Subscribe to receive free email updates:

loading...